Rumah Kreatif. Masih Ada?

Menteri BUMN Resmikan Rumah Kreatif dan Tinjau Pelabuhan Peti Kemas   Bitung- Menteri BUMN Rini Sumarno Selasa (27/12) meresmikan rumah kreatif BUMN di Madidir Unet disaksikan Walikota Bitung Maximiiliaan J Lomban SE, MSi, bersama Wakil Walikota Ir.Maurits Mantiri, Ketua TP-PKK kota Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung MSi, anggota DPRD, sejumlah kepala SKPD serta lembaga vertikal BUMN.

Dalam sambutan Sumarno mengapresiasi Pemerintah Kota Bitung menyiapkan lahan dan bangunan untuk dijadikan sebagai rumah kreatif. Dimana menurutnya bahwa rumah kreatif merupakan tempat promosi hasil-hasil usaha kecil menengah mikro yang ada di kota Bitung supaya bisa dikelolah sampai ke pasar Internasional.

“Kita mendorong usaha kecil menengah, bagaimana mereka makin meningkatkan usahanya memperbaiki diri,” kata Sumarno.

Rumah Kreatif BUMN ini, memiliki empat ruangaan utama, yakni registrasi, konsultasi, pelatihan dan ruang display. Ruang registrasi digunakan untuk mendaftarkan dan analisis kompetensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pada ruang tersebut, kata dia, dilengkapi dengan perangkat “personal computer” (PC) untuk mengakses situs rbk.id. Ruang konsultasi untuk UMKM dan proses digitalisasi prosuk, serta dilengkap perangkat PC dan televisi untuk mengakses situs belanja.com.

Menurut dia, usaha UMKM di RKB tersebut selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, juga langsung memasarkan produknya secara online melalui situs blanja.com. Dengan pemanfaatan situs itu, sebagai etalasi online, penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. “Jual produk melalui situs blanja.com memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan hanya di lokal tetapi juga di mancanegara,” kata Sumarno.

Ia pula meminta para lembaga Badan Usaha Milik Negara yang berada di Kota Bitung diantaranya Pelindo, Pelni, Telkom dan PLN bisa berkolaborasi bersama Pemkot Bitung untuk mengembangkan usaha-usaha masyarakat seperti kerajinan tangan tradisional sebagai nilai kearifan lokal.

Selanjutnya rombongan Menteri Sumarno berpindah tempat ke Pelabuhan Peti Kemas Pateten dengan agenda peletakan batu pertama tiang pancang pembangunan lanjutan dermaga serta reklamasi kawasan pelabuhan Konteiner.

Walikota Bitung Max Lomban disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan profil kota Bitung, potensi ekonomi pariwisata, International Hub Port dan Kawasan Ekonomi Khusus. Namun dari berbagai mega proyek tersebut, dirinya mengungkapkan masih banyak kekurangan terutama pembenahan destinasi-destinasi wisata juga sarana publik, Untuk itu Lomban mengharapkan Menteri BUMN Rini Sumarno dapat membicarakan kondisi ini pada rapat kabinet nanti.   Lanjutnya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pihak BUMN memilih kota Bitung sebagai rumah kreatif dan pasti dapat menambah pendapatan daerah terutama masyarakat menengah kebawah.

Hadir juga dalam kegiatan yakni Direktur Utama BTN Maryono, Deputi bidang usaha jasa keuangan jasa survey dan jasa konsultan Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo, Direktur Pelndo IV Doso Agung serta Direktur Digital dan Strategis PT.Telkom Indra Oetoyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *